Salam Strike !!!...

Dengan motto "Sesama Angler Bersaudara" kami sambut kunjungan anda.
Blog ini adalah representasi kegiatan yang dilakukan oleh PPG, baik yang merupakan program organisasi maupun kegiatan bersifat parsial oleh anggota.
Harapan kami ada manfaat yang bisa diperoleh dari kunjungan anda disini, oleh karena itu saran dan kritik demi perbaikan blog ini akan kami terima dengan sangat terbuka. Begitu pula jika anda ingin menjadi anggota grup kami, silahkan bergabung dengan mendaftar pada group facebook PPG.

Mancing Barramundi Sungai Pecuk Gresik

Senin, 11 Februari 2013

Sungai Pecuk yang terletak di desa Banyuwangi kecamatan Manyar Gresik merupakan salah satu spot mancing yang digemari para pemancing, bukan saja yang berasal dari kota Gresik sendiri namun juga yang berasal dari kota Surabaya dan Sidoarjo. Bahkan pernah ada juga pemancing yang berasal dari Jawa tengah yang menyempatkan diri untuk menjajal potensi daerah ini.

Menunggu air sungai pasang

Sungai Pecuk merupakan pecahan dari bengawan solo yang bermuara di selat Madura dan masih berhubungan dengan spot mancing lainnya yaitu Celangap/muara manyar Gresik.
Di sungai Pecuk banyak ditemui beberapa jenis ikan, terutama Barramundi, Mangrove Jack, Sembilang, tompel dan beberapa jenis ikan lainnya. Namun yang menjadi primadona pemancing tetaplah ikan Barramundi, atau yang biasa disebut disini dengan nama Cukil.

Memancing ikan Barramundi di sungai pecuk bisa menggunakan joran spinning atau tegeg. Adapun tehnik yang paling berpeluang strike adalah ngoncer, dimana rangkaian engkel dengan satu mata kail ditancapkan di tubuh udang hidup lalu dilempar ke air dan dibiarkan bebas berenang. Untuk mendapatkan efek strike, sesekali joran ditarik agar senar/kenur tegang. dengan begitu akan terasa apabila umpan disedot ikan target. Umpan yang sudah dimakan bisa dirasakan dari getaran/sedotan pada gagang joran atau kenur yang terlihat mengendur, bahkan adakalanya kenur melintang berlawanan dengan arah aliran air sungai.
Musim yang bagus untuk memancing di sungai Pecuk adalah di musim kemarau, selain karena air asin dan tidak tercampur dengan air hujan, juga karena air lebih jernih warnanya dan bebas kotoran karena di hulu sungai tidak lagi terjadi hujan. Selain itu di musim kemarau keberadaan tanaman enceng gondok sudah banyak berkurang. Faktor lain yang menyenangkan mancing di sungai Pecuk pada musim kemarau adalah karena spot bisa dijangkau dengan sepeda motor berbeda jika di musim hujan dimana pemancing takut bila  jalanan berlumpur dan licin yang berakibat tidak bisa masuk ke spot atau tidak bisa pulang. Untuk mempermudah memancing di sungai Pecuk, disemua musim, bisa menyewa perahu penduduk setempat dengan biaya sewa sehari Rp 200.000,- mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore, dan dengan kapasitas perahu hingga 6 orang. Dengan perahu, pemancing akan diajak mengunjungi beberapa titik spot yang memiliki potensi ikan barramundi ataupun MJ.
Selamat memancing......
Cak Aripz Gendeng Mancing dan Pak Mujib Ridwan dengan hasil strike Barramundi

(diceritakan kembali oleh Cak EB; dokumentasi foto PPG oleh Cak Aripz & mas Raka)

2 komentar

  1. Mas boleh tahu koordinat spot mancing di sungai pecuk dan persewaan perahunya. Foto screen shot dari Google map juga boleh hehehe...makasih

    BalasHapus
  2. Mas boleh tahu koordinat spot mancing di sungai pecuk dan persewaan perahunya. Foto screen shot dari Google map juga boleh hehehe...makasih

    BalasHapus

 

Cari Postingan

Facebook Kami

BMKG Maritim

Pasang Laut Karang Jamuang