Salam Strike !!!...

Dengan motto "Sesama Angler Bersaudara" kami sambut kunjungan anda.
Blog ini adalah representasi kegiatan yang dilakukan oleh PPG, baik yang merupakan program organisasi maupun kegiatan bersifat parsial oleh anggota.
Harapan kami ada manfaat yang bisa diperoleh dari kunjungan anda disini, oleh karena itu saran dan kritik demi perbaikan blog ini akan kami terima dengan sangat terbuka. Begitu pula jika anda ingin menjadi anggota grup kami, silahkan bergabung dengan mendaftar pada group facebook PPG.

Mancing Udang Galah (Si Capit Biru)

Selasa, 09 Agustus 2011


Peralatan Mancing Udang Galah
Berikut ini peralatan yang diperlukan untuk mancing udang galah:
Joran atau rod dengan ujung yang lentur dan sensitif serta ring atau cincin yang kecil. Reel spining kecil ukuran kolam, bisa juga menggunakan penggulung kayu. Line berupa monofilamen tipis, ukuran 1-2lbs pada mainline dengan leader 2-8 lbs. Kail yang digunakan adalah kail khusus udang atau circle hook tanpa kait (barbless) dengan nomor 9-12. Timah pemberat kecil dengan stoper. Timah jangan terlalu berat, yang penting tidak terbawa arus. Umpan
Umpan yang digunakan untuk mancing udang galah biasanya cacing tanah, cacing susu, cacing bakau, bahkan anak udang. Sementara untuk chumming digunakan kelapa bakar yang dipecah-pecah.

Spot Udang Galah
Memancing udang galah sebaiknya tidak pada saat air pasang dan cuaca dengan curah hujan cukup tinggi. Waktu terbaik mancing udang galah ialah pada saat kemarau dan air surut. Biasanya udang sangat agresif pada malam hari. Tempat favorit bagi udang biasanya diantara kayu log/glondongan yang terendam di sungai. Biasanya ini terdapat pada sungai-sungai di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Irian dll. Selain itu Udang galah juga sering bermain pada dasar sungai. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan spot udang galah didasar sungai adalah seperti berikut:
Kenali struktur dasar sungai tempat dimana kita memancing. Selalunya dasar sungai berbentuk lika liku dan beralun-alun. Pada tikungan sungai lazimnya aliran air agak perlahan atau alirannya tidak terlalu deras. Pada arus deras menandakan kawasan tersebut lebih dalam, manakala aliran perlahan pula adalah sebaliknya.
Posisi udang bermain pada arus yang cukup deras

Pola Makan Udang
Berikut ini adalah ciri khas atau kebiasaan makan udang galah:
Apabila udang galah beratnya lebih 300 gr maka umpan akan langsung dilarikan dan ujung joran akan langsung menukik. Untuk udang ukuran sedang biasanya sewaktu umpan dimakan, leader akan dipegang dan ditarik-tarik menggunakan capitnya sehingga ujung joran akan terangguk seperti ikan kecil yang makan. Untuk udang yang berukuran kecil biasanya pola makannya hampir sama dengan yang berukuran sedang, oleh karena itu sering - seringlah mengecek dengan menaikkan ujung joran dan apabila berat atau ada tarikkan maka umpan sedang dimakan. Memancing udang galah harus sabar, lembut dan penuh perasaan. Pada saat umpan dimakan oleh udang, joran akan melengkung, yang perlu kita lakukan tahan saja jangan digentak karena akan membuat mulut udang robek. Angkat joran pelan-pelan sambil menggulung reel pelan-pelan dengan posisi ujung joran diatas udang sehingga line tegak lurus dengan permukaan air. Udang bisanya jika terkena pancing akan mundur kebelakang dan membengkokan tubuhnya, jika digentak atau ditarik terlalu kencang akan membuat mulutnya sobek terkena kail.

Pada saat udang berhasil dinaikan keatas jangan pernah menyentuh atau memencet ekor udang karena terdapat semacam sungut yang cukup tajam serta kepala udang terdapat tanduk yang bergerigi yang cukup maknyos kalo nancep di jari. Sementara capitnya tidak terlalu berbahaya asal tidak terkena ujung capitnya saja.
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat
Salam strike.....
Copas dari Fb (img:231802823523164)

8 komentar

  1. Ini kalau ada mas Aripz bapak'e Risky ... sueneng palingo ... hehehehe
    Ayo mas Aripz di tambahin Koleksinya

    BalasHapus
  2. Monggo MAs ARip... dikirim fia email ke kami gambar udang sampean..

    BalasHapus
  3. siip pokeek mas aq pemancing dr pasuruan
    aq mau tanya tempat memancing udang galah di jawa timur dimana mas

    BalasHapus
  4. Banyak bro....kali mas.kali jagir.kali porong.brantas mojokerto.

    BalasHapus
  5. Masok2 tambah wawasan....!
    kemarin sabtu saya dapat udang galah di rolak jembatan delta
    lumayan sebesar botol aqua tanggung 4 ekor

    BalasHapus
  6. Masok2 tambah wawasan....!
    kemarin sabtu saya dapat udang galah di rolak jembatan delta
    lumayan sebesar botol aqua tanggung 4 ekor

    BalasHapus
  7. Tanglet bos......Wilayah madura onok spot mancing udang galah yo bos...

    BalasHapus
  8. Klo Ada yg hidup . .Saya mau luurrrr, buat isi akuarium saya. Monggo tawarkan saya tunggu do wa 081233043308

    BalasHapus

 

Cari Postingan

Facebook Kami

BMKG Maritim

Pasang Laut Karang Jamuang